Cara Membuat Website Dengan CMS ( Content Management System ) Joomla, Wordpress, Elgg dan Prestashop

Cara Membuat Website Dengan CMS - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mempunyai website sendiri. Salah satu cara untuk membangun website adalah dengan menggunakan CMS singkatan dari Content Management System. Perlu diketahui aktifivas blogging saat ini juga banyak yang menggunakan CMS, salah satu CMS yang banayk digunakan oleh para blogger adalah wordpress. Selain itu dalam pembuatan e-commerse / toko online juga banyak yang menggunakan CMS seperti Prestashop, OpenCart dan Magento.

Cara Membuat Website Dengan CMS


Pengertian CMS (Content Management System)


Content management system yang disingkat CMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Pada umumnya sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen yaitu :

1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
2. Aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application, CDA)

Elemen CMA digunakan untuk mengelola atau mengatur konten yang memungkinkan seseorang yang tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML bisa mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari suatu situs web.

Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan.

Contoh CMS diataranya adalah joomla, wordpress, elgg, magento, prestashop, drupal, pivotx dan lain - lain. Pembahasan tentang cara belajar membuat website menggunakan CMS dalam tutorial kali ini meliputi Joomla, wordpress, Elgg dan Prestashop

  Cara Membuat Website Dengan CMS Joomla


Cara Membuat Website Dengan CMS Wordpress


  1. Cara Install Wordpress di Localhost mengunakan xampp
  2. Cara Install Wordpress di Cpanel atau Hosting

Cara Membuat Website Dengan CMS Elgg


  1. Cara Install Elgg di Localhost Menggunakan Xampp
  2. Cara Install Elgg di Cpanel atau Hosting

Cara Membuat Website Dengan CMS Prestashop


  1. Cara Install Prestashop di Localhost Menggunakan Xampp
  2. Cara Install Prestashop di Cpanel atau Hosting

Skill yang dibutuhkan dalam mempelajari CMS - CMS diatas adalah pengetahuan dasar PHP, pengetahuan dasar HTML dan pengetahuan dasar CSS. CMS ini berfokus pada pengaturan kontent website, jadi pada CMS ini konten sudah disediakan selanjutnya kita cukup mengatur konten - konten CMS seperti template, module, plugin, component dan lain - lain.

Demikianlah Cara Membuat Website Dengan CMS , Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mempelajari pembuatan website dengan CMS. Terima kasih.




1 Response to "Cara Membuat Website Dengan CMS ( Content Management System ) Joomla, Wordpress, Elgg dan Prestashop"

  1. I’m a little bit late to find this opportunity. I usually love to write articles of this type to reach great audience and really missed the chance. I have been busy for last few months with other works from a professional writing company, http://www.onlinecustomessaywriting.com/. If you any help to write articles, do not hesitate to reach me. I’m very sad missing the opportunity, but it will be compensated by helping out you to write article.

    ReplyDelete