Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Komputer saat ini sangat lekat dengan kegiatan kita, hampir dimana mana kita menjumpai yang namanya komputer. Begitu juga dengan kita yang sering menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas seperti tugas kuliah dan lain-lain. Kita sering melihat komputer dan sering menggunakan komputer, tapi ketika ditanya apa itu komputer kita hanya menjawab ? komputer tu seperti ini, sambil menujuk komputer kita hehe. ya tidak salah si namun alangkah baiknya kita mengetahui apa pengertian komputer sesungguhnya.

Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer


Diambil dari situs wikipedia komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Pengertian komputer secara umum


Pengertian komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. 

10 Definisi komputer menurut para ahli


1. Robert H Blissmer menyatakan bahwa Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampumelakukan beberapa tugas antara lain menerima input,memproses input tadi sesuai denganprogramnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakanoutput dalam bentuk informasi.

2. Fouri berpendapat bahwa computer adalah suatu alatpemroses data yang mampu melakukanperhitungan dengan jumlah besar dengan cepat,termasuk operasi logika dan aritmatika,tanpamanusia ikut campur.

3. Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa computer adalah pemecah persoalan atau pengolahdata yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.

4. Donald H.Sanders Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepatdan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima danmenyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatulangkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori.

5. V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatuprogram yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

6. Gordon B. Davis Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentuyang pasti.William M.Fouri Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapatmelakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atauoperasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

7. Elias M Awad menyatakan bahwa komputer adalah alat hitung yang memproses data yangdisajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).

8. Larry Long & Nancy Long komputer adalah alat hitung elektronik yang mampumenginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output,perhitungan, dan operasi-operasi logik.

9. June Parsons berpendapat bahwa komputer adalah perangkat serba guna yg menerima input,proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaianinstruksi di simpan.

10. Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter menyatakan bahwa komputer merupakan perangkatelektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori, yang dapatmenerima data, mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, memproduksi hasil.


Komputer mempunyai fungsi yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Untuk fungsi komputer senidiri sebenarnya sangat banyak dan meliputi berbagai bidang. Dalam kesempatan ini akan saya bagikan juga beberap fungsi dari pada komputer.
 

Fungsi Komputer diantaranya:


1. Mempermudah pekerjaan


Komputer akan membantu dan mempermudah pekerjaan Anda, jika dahulu membuat dokumen menggunakan mesin ketik sekaranga pekerjaan itu akan cepat selesai menggunaan komputer. Komputer juga dapat membantu Anda dalam editing multimedia seperti video, editing gambar dan lain - lain. 

2. Sebagai Alat komunikasi

memanfaatkan fungsi komputer sebagai sarana komunikasi maka kita bisa berbicara dengan rekan atau kerabat kita sambil menatap langsung menggunakan teknologi kamera yang disebut Webcam. Tidak hanya itu, kita juga dapat bercakap-cakap menggunakan kata-kata saja (chatting), mengirimkan surat (e-mail) sekaligus mengirim file dalam bentuk gambar, suara atau yang lainnya dalam bentuk data.  

3. Sebagai alat untuk hiburanSebagai Alat Pendidikan

Selain untuk mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaaan komputer juga bisa dijadikan sara hiburan. Apabila dulu hiburan kita hanya terbatas pada televisi, tape dan radio maka kini komputer dapat menggantikan seluruh fungsi alat-alat tadi secara keseluruhan hanya dengan satu perangkat saja. Bukan hanya itu, kita dapat bermain menggunakan komputer melalui berbagai aplikasi permainan yang ada 

4. Komputer Sebagai Sarana Informasi

Komputer juga dimanfaakan sebagai sarana informasi sebagai contoh kita bisa memperoleh informasi dari internet melalui komputer.  

5. Komputer Sebagai Sarana Usaha

Komputer juga bisa dijadikan sebagai saran usaha misal membuak rental, editing foto , atau jasa warnel dan lain - lain. Komputer bisa mendatangkan income jika kita mempunyai skill dalam menggunakan komputer.

6. Komputer Sebagai Sarana Kontrol 

Komputer bisa dijadikan sarana kontrol misal instansi besar seperti perhotelan, pabrik, televisi dan banyak jenis perusahaan lainnya, komputer dapat dipakai sebagai sarana untuk mengendalikan satu atau beberapa system seperti pengendali lampu lalu lintas, operasi elevator dan escalator, pengatur kamera CCTV, pengendalian jaringan, control mekanisme pabrik dan lain-lain.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami pengertian komputer. Selanjutnya untuk mengentahui sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa Anda dapat menyimak artikel : Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi pertama sampai Sekarang




3 Responses to "Pengertian Komputer Secara Umum dan Menurut Para Ahli"

  1. Sangat menginspirasi
    Kunjungi website kami
    Http://WWW.atmaluhur.ac.id/
    Kunjungi juga blog saya
    https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1066600591231126904#editor/target=post;postID=4730623288680260571

    ReplyDelete