Tutorial Belajar HTML Bagian 2 : Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML


Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas pengertian dan contoh HTML, dan pada kesempata ini saya akan bagikan meteri yang akan membahas aplikasi dan editor yang digunakan untuk mempelajari HTML.


Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML


Dalam mempelajari HTML dibutuhkan beberapa aplikasi yang untuk mengolah dan menjalankan kode HTML. Untuk aplikasi yang dibutuhkan dalam belajar HTMl adalah editor html, web browser dan web server. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang ketiga aplikasi tersebut maka saya akan menjelaskanya lebih terperinci pada pembahasan dibawah ini.

1. Editor HTML


Aplikasi editor HTML adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah atau mengedit kode HTML, jadi aplikasi editor ini yang digunakan untuk menulis dan mengedit kode HTML yang dibuat. Ada banyak editor HTML yang bisa kita gunakan untuk penulisan kode HTML dan berikut ini adalah editor HTML yang bisa Anda gunakan untuk belajar HTML.

a. Notepad++


Pertama yang saya rekomendasikan adalah Notepad++ yang merupakan editor web gratis dan ringan, aplikasi ini merupakan aplikasi editor web yang powerfull dan banyak digunakan oleh para developer.

Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML
Editor Notepad++

Notepad++ adalah suatu text editor yang berjalan pada sistem operasi windows. Pada Notepad++ ini menggunakan komponen-komponen Scintilla agar dapat menampilkan dan menyunting text dan berkas source code berbagai bahasa pemrograman.

Pada Notepad++ ini terdapat plugin - plugin yang mendukung pemrograman web sehingga membuat para pengguna lebih nyaman dan mudah dalam menggunakan Notepad++, selain itu dengan adanya plugin - plugin ini akan membuat Notepad++ menjadi lebih powerfull.

b. Adobe Dreamweaver


Adobe Dreamweaver adalah sebuah editor HTML profesional yang digunakan untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web.

Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML
Editor Dremaweaver

Aplikasi Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi web editor yang sangat populer dikalangan developer website. Pada aplikasi Dreamweaver ini menyediakan berbagai macam fitur yang melimpah untuk memudahkan pembuatan halaman web dengan kode HTML dan bahasa pemrogrman web. Selain digunakan untuk text editor HTML juga Dreamweaver juga digunakan untuk berbagai bahasa pemograman web lainnya.

c. Sublime Text


Editor HTM yang selanjutnya yanga bisa Anda gunakan untuk menulis kode HTML adalah Sublime Text. Aplikasi editor text ini telihat profesioanl dan simple sehingga sangat mudah untuk belajar web programing atau web design.

Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML
Editor Sublime Text

Sublime Text adalah teks editor berbasis Python, Sublime Text ini merupakan sebuah teks editor yang elegan, memiliki banyak fitur, cross-platform, mudah dan simpel yang cukup terkenal di kalangan developer web, penulis, dan desainer.

Selain ketiga editor yang populer diatas, sebenarnya masih ada banyak editor text yang bisa digunakan untuk belajar pemrograman web. Nah, Anda bisa menggunakan aplikasi text editor gratis  alternative lain seperti Eclipse, Komodo Edit, Atom, Bracket, Aptana Studio atau Net Beans.

2. Web Browser


Selain editor HTML apliaksi yang dibutuhkan untuk belajar HTML adalah Web Browser yang digunakan untuk menjalankan halaman web yang dibuat dengan HTML. Pengertian Web Browser adalah suatu aplikasi atau program yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. 

Pada awalnya web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar, namu sekarang Web Browser sudah bisa menampilakan gambar dan video. Untuk menjalankan halaman web yang dibuat dengan HTML juga membutuhkan Web Browser, dan disini yang paling bagus dan canggih serta memiliki teknologi terbaru adalah Mozila Firefox dan Google Chrome

a. Mozila Firefox


Mozilla Firefox adalah aplikasi peramban web yang gratis dan sangat populer di dunia. Mozile Firefox dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML
Logo Mozila Firefox

Saat ini Mozila Firefox sudah mendukung HTML 5 sehingga ketika menjalankan kode HTML 5 sudah bisa menggunakan Mozila Firefox. Selain itu pada Mozila Firefox juga terdapat Adds-on yaitu ektensi yang mendukung pembuatan halam web seperti firebux, ColorPicker dan lainnya.

b. Google Chrome


Google Chrome adalah sebuah aplikasi peramban web gratis yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Google Chrome ini memiliki tampilan simple dan bersih serta memiliki kecepatan yang tinggi.

Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML
Logo Google Chrome

Google chrome juga sudah mendukung HTML, teknologi HTML pada Google Chrome ini bisa memutar video tanpa menggunakan Flash. Nah, jika Anda memutar youtube menggunakan Google Chrome versi terbaru Anda tidak perlu menginstall flash karena HTML sudah bisa memutar video. 

3. Web Server


Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman.

Dalam sebenarnya HTML bisa berjalan tanpa menggunakan Web Server, namun untuk melatih kita agar nantinya bisa mengupload file HTML di hosting, karena cara kerja hosting itu sama dengan Web Server, perbedaanya adalah Web Server itu offline dan Hosting itu online.

Kenapa menggunakan Web Server ? karena dalam pembutan website yang dinaminis akan membutuhkan bahasa pemrograman web seperti PHP, java script dan lain - lain. Nah fokus kita sekarang adalah belaja HTML, jadi akan lebih baik kita menggunakan Web Server, dan untuk Web Server yang saya rekomendasikan adalah XAMPP dan APPSERV.

a. XAMPP


XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang berjalan yang berjalan pada multiplatform dan merupakan kompilasi dari beberapa program yang dibutuhkan dalam bahasa pemrograman seperti Apache, PHP, MySQL .

Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML
XAMPP

Xampp merupakan Web Server yang populer yang banyak digunakan oleh para developer website karena mendukung dan compatible dengan bahasa pemrograman web yang terbaru. Nah, untuk Web Server yang saya rekomendasikan untuk digunakan adalah XAMPP karena merupakan Web Server yang powerfull.

b. AppServ


Appserv adalah aplikasi gratis yang memiliki fungsi untuk menginstal beberapa program yaitu Apache, PHP, MySQL dalam waktu bersamaan. AppServer ini juga merupakan paket program yang dibutuhkan dalam bahasa pemrograman web.

Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML
AppServ

Pada dasarnya AppServ ini sama dengan XAMPP, aplikasi juga ringan dan bisa dijadikan alternative untuk belajar HTML atau bahasa pemrograman web. Nah, dengan adanya AppServ dapat memudahkan seeorang dalam mempelajari bahasa pemrograman web karena pada AppServ terdapat beberapa program diantaranya Apache, PHP, MySQL, phpMyAdmin.

Setelah kita tahu aplikasi yang dibuthkan untuk belajar HTML maka untuk selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana cara menjalankan file HTML. Nah, untuk menjalankan file HTML pada browser silahkan menyimak artikel selanjutnya Menjalankan file HTML di browser.

Sampai disini kita telah membahas aplikasi yang dibutuhkan dalam mempelajari kode HTML, saya harapkan pembahasan pada turorial kali ini dapat membantu Anda memahami aplikasi untuk belajar HTML.




0 Response to "Tutorial Belajar HTML Bagian 2 : Aplikasi dan Editor Untuk Belajar HTML"